Bunga Melati

Bookmark and Share
Bunga MelatiCANGKOK 
 
Perbanyakan bunga Melati dengan cangkok terutama dilakukan pada jenis-jenis melati yang sukar disetek atau memerlukan waktu lama untuk pertumbuhan perakarannya. Yang dimaksud dengan pencangkokan adalah mengusahakan pertumbuhan dari suatu cabang tanaman dengan cara mengerat dan membuang kambiumnya dan memberi media tumbuh cabang tersebut dari pohon induknya hingga terbentuk berakar. 
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencangkok adalah : 
1. Agar perakaran berkembang dengan baik, batang yang dipilih harus sudah cukup besar, dalam keadaan sehat dan berdaun.
2. Kulit batang dikerat melingkar dengan pisau yang tajam sepanjang 1-2 cm, kemudian kulit batang dikupas dan dibersihkan hingga lapisan kambiumnya hilang sama sekali.
3. Selanjutnya bagian keratan tersebut ditutup dengan media tanah atau serbuk sabut kefapa, kemudian dibalut dengan plastik atau sabut kelapa.
4. Setelah berakar 2-3 bulan setelah dicangkok, cangkokan dapat dipotong di bawah keratan untuk ditanam.
5. Waktu yang baik untuk mencangkok adalah musim penghujan. Cangkokan yang dilakukan pada musim kemarau harus selalu disiram untuk mencegah kekeringan. 
RUNDUKAN

Rundukan (layering) merupakan cara lain perbanyakan melati selain penyetekan dan pencangkokan. Caranya ialah merundukan/membengkokkan batang melati secara mendatar ke tanah kemudian ditimbuni tanah tipis. Setelah mata pada tiap-tiap ruas tumbuh dan berakar, barulah batang itu di potong-potong sesuai dengan ruas yang berakar untuk ditanam. Cara rundukan tersebut banyak dilakukan petani bunga melati karena di samping mudah dikerjakan juga tidak banyak memerlukan tenaga dan tingkat keberhasilannya tinggi.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar