Rangkaian Bunga

Bookmark and Share
Beberapa rangkaian bunga yang kita kenal / gunakan untuk keperluan sehari-hari antara lain:

contoh rangkaian bunga       Rangkaian bunga untuk perhelatan perkawinan.
rangkaian bunga       Rangkaian bunga unttuk keperluan rumah tangga.
       Rangkaian bimga untuk berduka cita.
       Rangkaian bunga untuk merayakan hari-hari bahagia, contoh: Kelahiran bayi, ulang tahun, dan semacamnya.

Di Indonesiapun bunga dipergunakan untuk persembahan dalam upacara-upacara agama dan keramaian sejak dahulu kala. Kita lihat misalnya di Bali, Jawa dan daerah-daerah lainnya pada saat-saat demikian, bunga tak dapat dilepaskan.

Seni janur yang  pada masa kini telah mempunyai nilai nasional digunakan pada upacara-upacara tersebut. Tampaknya ini  adalah ciri khas Indonesia dalam Seni Floral dan  Merangkai  Bunga  di  masa  mendatang. Bunga  telah dirangkai sejak dahulu kala, tetapi hanyalah dari segi penampilannya saja. Rangkaian demikian itu, sukar dinamakan sebagai hasil karya  seni. Karena tidak mengucapkan keabadian dan keindahan alam ataupun lingkungan dimana bunga atau tanaman-tanaman tersebut hidup ataupun perasaan yang diberikan, bahwa perangkainya  sedang mencoba  untuk  mengungkapkan  sesuatu melalui  bunga atau flora.

Seni Floral dan Merangkai Bunga ini adalah sama  dengan seni patung ataupun seni lukis dimana seniman mengungkapkan sesuatu melalui karyanya. Kalau   seni   lukis   memakai   kuas   atau   kanvas,  cat  minyak   sebagai   alat pengungkapan sang seniman, maka Seni Floral  dan  Merangkai Bunga memakai bahan-bahan flora (bunga-bungaan, dedaunan, ranting-ranting dan lain-lain).  Bahkan  didalam  kemajuan tekhnik dewasa ini Seni Floral dan Merangkai  Bunga lebih  berkembang  lagi  dengan  memakai   bahan-bahan  metal, plastic  bahkan dengan tekhnik mutakhir pun dapat diterapkan disini.

Di Indonesia yang kaya akan bahan bakunya bahkan kadang-kala yang di- dicampakkan di sampah pun dapat  dipergunakan sebagai bahan Seni Floral dan Merangkai Bunga tersebut. Pulau-pulau yang tersebar di seluruh tanah air mempunyai berbagai kebudayaan yang  sangat  menarik  serta  mempunyai  flora  dan  fauna  yang  tidak  banyak didapati   di   dunia  luar, sangatlah   menarik   untuk  dapat  diterapkan  pada Seni Floral dan Merangkai Bunga ini.


sumber: www.merangkaibunga.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar