Bunga Azalea

Bookmark and Share
Bunga Azalea

Memandang bunga Azalea (Rhododendron sp.) sedang berbunga memang menyejukan dan membuat suasana hati menjadi tenang. Masuk akal, karena selain menyerap karbondioksida, si cantik ini ternyata juga memancarkan aura dingin. Anda ingin menanam azalea? Perhatikan media tanam dan perawatannya agar tanaman rajin berbunga. 
Menurut literatur, bunga cantik Azalea  ini berasal dari negara Asia Tenggara, Amerika dan Australia. Walaupun bukan tanaman asli Indonesia, pesona azalea tetap memikat para hoblis tanaman hias.
Kini azalea sudah banyak disliangkan sehingga terbentuk varietas baru dengan warna kelopak bunga kian beragam, mulai dan putih, pink, kuning, violet hingga campuran beberapa warna. Si cantik azalea cocok sebagai tanaman pembatas, tanaman pagar atau ditanam dalam pot.

Perlu media tanam khusus
Azalea termasuk tanaman family Erieaceae yang mudah diperbanyak. Setek batang merupakan cara yang paling banyak dilakukan. Pilih batang yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Potong batang terpiiih sepanjang 10 cm dan buang sebagian daunnya untuk mengurangi penguapan. Untuk mempercepat tumbuhnya akar, olesi pangkal batang dengan zat perangsang akar seperti Rootone F atau Bloroot A.

Tanam pada media tanah kebun/ humus, mos dan pasir halus dengan perbandingan 1.1.1 Campuran media ini sangat eaeak untuk azalea karena bersifat porous (tldak mengikat air) Azalea menyukal media yang lembab namun tidak tergenang air Siram secukupnya pada pagi han ketika matahari belum tinggi.

Agar rajin berbunga
Azalea termasuk tanaman yang perlu perawatan khusus, agar tumbuh subur dan rajin berbunga Jika Anda menamam azalea pada halaman, pilih lokasi tanam di tempat yang sirkulasi udaranya baik dan ternaungi. Azalea cukup terkena sinar matahari pagi saja. Daun azalea akan menguning dan bunganya menJadi kecil jika berlebihan terkena slnar matahari.

Jika azalea mulai berbunga, beri pupuk dengan kandungan fosfor tinggi untuk merangsang pembungaan lebih banyak. Pemberian pupuk Full Bloom konsentrasi 4 cc/liter air dengan frekuensi 1 minggu sekali sangat membantu muneulnya kuncup bunga.

Hama dan penyakit bunga Azalea tidak terlalu banyak Hama yang menyerang biasanya penggerat batang, akar dan serangan rayap. Jika musim kemarau tlba, kutu putlh sering menyerang daun muda. Semprot dengan insekteslda seperti Basudin dan fungisida seeara berkala agar tanaman terbebas dari hama dan penyakit.



sumber: kebonkembang.com

{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

Printer Kasir mengatakan...

cantik bgt bunganya, tpi ko' susah yaa cri bunga kayak gtu..
jarang ada yg jual kaya'nya..!!

Posting Komentar